Wednesday, February 23, 2011

3 Landasan 50 Miliar Perangkat Terhubung Internet


2020, 50 miliar perangkat terhubung internet
JAKARTA - Perusahaan penyedia infrasturktur telekomunikasi Ericsson, memprediksi pada tahun 2020 mendatang akan ada 50 miliar perangkat yang terhubung internet. Tentu saja akan ada beberapa tahap dan landasan untuk menuju ke arah sana.

"Hingga 10 tahun mendatang akan ada 3 tahapan pemanfaatan internet di dunia, yaitu, first wave network consumer electronics, lalu network industry, dan tahap ketiga adalah network society," terang Vice President PT Ericsson Indonesia Hardayana Syintawati, kepada sejumlah wartawan, di Jakarta, Rabu (23/2/2011).

Dijelaskan olehnya, yang dimaksud dengan network consumer electronics adalah dimana produk-produk konsumen seperti ponsel, laptop dan tablet mulai disisipi dengan sim card agar terhubung dengan internet.

Sedangkan tahapan kedua yaitu network industry, dimana semua perangkat di semua lini industri akan terhubung dengan internet, agar semakin mempermudah komunikasi antar industri. Ana, panggilan akrabnya, mencontohkan rumah sakit di kawasan pinggiran akan terhubung dengan rumah sakit di pusat kota yang jauh lengkap dengan jaringan internet. Ini tentu saja akan memudahkan layanan kesehatan antar kawasan tersebut.

"Tahapan ketiga yaitu network society maksudnya adalah semua lini di kehidupan akan terhubung dengan internet. Mulai dari hal yang terkecil hingga yang terbesar," tukasnya.

Sementara itu, untuk menuju 50 miliar perangkat terhubung dibutuhkan 3 landasan. Dikatakan Anna, ketiga landasan itu adalah, mobility, broadband dan cloud. Mobility maksudnya pengguna bisa mengakses dimana saja, broadband artinya semua orang bisa mengakses, dan cloud memungkin semua perangkat terhubung.
Source

"Untuk mobility, di masa depan akan ada tren yang disebut dengan heterogenous network. Maksudnya, semua jaringan akan terhubung dengan banyak teknologi. Misalnya sekarang teknologinya adalah macro, bisa jadi kemudian micro digabungkan dengan pico," tandasnya.

Untuk broadband, Ericsson mempunyai beberapa produk di antaranya untuk menyediakan layanan Voice over LTE. Sedangkan untuk cloud, perusahaan asal Swedia itu telah menjalin kerjasama dengan Akamai untuk menghadirkan cloud mobile.

No comments:

Post a Comment